News Update28 Agustus 2018 09:25:42: Pelatihan Manasik Haji 1439 H Siswa-siswi MAN 4 Sleman

Sejarah Berdirinya

MAN 4 Sleman merupakan Sekolah Menengah Atas berciri Islam yang pengelolaannya di bawah pengawasan dan bimbingan dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Di dalam sejarahnya, MAN 4 Sleman yang berlokasi di utara kota Yogyakarta ini telah mengalami beberapa kali pergantian nama seiring dengan kondisi dan peraturan dari Menteri Agama.

Cikal bakal MAN 4 Sleman adalah PGAP (Pendidikan Guru Agama Tingkat Pertama) yang didirikan pada tahun 1958, dibawah naungan sebuah Yayasan HMI Pakem, dengan lokasi di dusun Sempol, Desa Pakembinangun. Latar belakang didirikannya adalah  untuk pengembangan umat Islam karena pada waktu itu umat Islam masih sedikit, terbukti dengan hanya berdiri satu-satunya masjid di Pakembinangun yakni masjid Labasan Pakem yang merupakan bangunan bekas pendudukan Belanda

PGAP HMI Pakem didirikan oleh delapan orang yaitu Bp-ibu Nursyamsi, Bp Sujarwo, Bp Harjono, Bp Joko Shomad (pernah menjabat Kepala KUA Pakem), Bp Daliman, Bp Sukiyarto, dan Ibu Sutaryo. Kedelapan pendiri tersebut merangkap sebagai guru, sedangkan guru lainnya ada dua yaitu Bp Imam Sanusi dan Bp Drs Suharno (mantan Kakanwil Deperindag Jawa Timur). Pada waktu itu, PGAP HMI Pakem menggunakan rumah tinggal Bp P Muhammad (Mudin/Kabag Agama) di Desa Pakembinangun, lalu dipindahkan ke dusun Cepit, Desa harjobinangun (sekarang rumah Bp Drg Andono) hingga dinegerikan menjadi PGA Negeri 4 Tahun Pakem pada tahun 1968 dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 41 Tahun 1968 Tertanggal 1 Maret 1968.  Oleh karena perkembangan PGA Negeri Pakem kian bertambah pesat dan jumlah siswanya semakin banyak, akhirnya lokasi PGAN Pakem dipindahkan ke dusun Pojok, Desa Harjobinangun menggunakan tanah kas desa Harjobinangun. Kemudian pada tahun 1992, melalui KMA Nomor 41 Tahun 1992 terjadi Pengalihan PGAN menjadi MAN Pakem. Dan berlaku mulai bulan Februari 2017, nama madrasah berganti lagi menjadi Madrasah Negeri 4 Sleman melalui Keputusan Kepala Kanwil Kemenag DIY Nomor 68 Tahun 2017 Tanggal 27 Januari 2017 Tentang Pemberlakuan Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, Madrasah Ibtidaiyah Negeri di DIY (fh)

Tags : sejarah
Banner
MAN 4 Sleman (dahulu bernama MAN Pakem)
Kanwil Kemenag DIY
NISN
PKP HUI
Statistik Member
Member:2 Orang
Member Aktif:2 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:2
Total Pengunjung:20018
Total Hits:60325